Apa Itu Arti Mudah Miningpool, Wajib Untuk Miner

bitcoin miningpool

Table of Contents

Sebuah miningpool adalah kelompok penambang kriptokurensi yang menghubungkan mesin penambangan mereka melalui jaringan untuk meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan hadiah atas pembukaan blok baru.

Blok baru dibuka ketika seorang penambang menemukan solusi untuk masalah yang seluruh jaringan blockchain berusaha selesaikan.

Proses ini memakan waktu, intensif energi, dan memerlukan komputer yang dapat menghasilkan dan memeriksa miliaran, atau bahkan lebih baik, triliunan angka heksadesimal acak per detik.

Karena bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk menjadi menguntungkan setelah membeli, menjalankan, mendinginkan, dan memelihara mesin penambangan yang mampu melakukan hal ini, bergabung dengan miningpool adalah cara termurah untuk meningkatkan peluang menerima hadiah bitcoin.

Poin Penting:

  • miningpool kriptokurensi adalah kelompok penambang yang membagi sumber daya komputasi mereka.
  • miningpool menggunakan sumber daya gabungan ini untuk meningkatkan peluang sukses menambang kriptokurensi.
  • Jika miningpool berhasil dan menerima hadiah, hadiah tersebut dibagi di antara peserta dalam miningpool .

Bagaimana miningpool Bekerja

Secara individu, peserta dalam miningpool menyumbangkan daya pemrosesan mereka untuk upaya menemukan blok.

Jika miningpool berhasil dalam upaya ini, mereka menerima hadiah, biasanya dalam bentuk kriptokurensi terkait.

Hadiah biasanya dibagi antara individu yang berkontribusi, sesuai dengan proporsi daya pemrosesan atau kerja masing-masing individu relatif terhadap keseluruhan grup, biasanya disebut saham.

Dalam kebanyakan kasus, penambang individu menunjukkan bukti untuk menerima hadiah mereka—ini umumnya dilakukan oleh perangkat lunak yang digunakan penambang individu saat mencoba menghasilkan solusi untuk miningpool .

Hadiah biasanya dibagi di antara para penambang berdasarkan skema pembayaran miningpool.

Beberapa skema adalah bayar per saham (PPS), bayar per N saham terakhir (PPLNS), dan bayar per saham plus (PPS+).

Setiap skema membayar berdasarkan bagian dari pekerjaan yang disumbangkan, dengan perhitungan pembayaran yang berbeda untuk setiap jenisnya.

Metode miningpool

Tidak semua miningpool kriptokurensi berfungsi dengan cara yang sama. Namun, ada beberapa protokol umum yang mengatur banyak kolam penambangan paling populer.

Kolam penambangan proporsional adalah salah satu yang paling umum.

Dalam jenis miningpool ini, penambang yang menyumbang daya pemrosesan ke miningpool mengirim saham kerja ke kolam sampai titik di mana miningpool berhasil menemukan blok.

Penambang kemudian menerima hadiah sesuai dengan jumlah saham yang mereka kirimkan untuk blok tersebut.

Miningpool peer-to-peer bertujuan untuk mencegah struktur miningpool menjadi terpusat.

Oleh karena itu, mereka mengintegrasikan blockchain terpisah yang terkait dengan kolam itu sendiri dan dirancang untuk mencegah operator kolam dari kecurangan dan kolam itu sendiri dari kegagalan karena masalah pusat tunggal.

Skema Pembayaran

Terdapat banyak jenis skema pembayaran yang berbeda yang telah dicoba oleh banyak miningpool di masa lalu, tetapi sebagian besar miningpool sekarang menggunakan salah satu dari empat jenis:

  • Bayar Per Saham (PPS)
  • Bayar Penuh Per Saham (FPPS)
  • Bayar Per Saham Plus (PPS+)
  • Bayar Per N Saham Terakhir (PPLNS)
  • PPS adalah metode pembayaran yang cukup sederhana—Anda dibayar untuk saham atau blok yang Anda sumbangkan ke miningpool .
  • PPS+ dan FPPS umumnya sama—Anda menerima sejumlah proporsional dari hadiah berdasarkan kualitas saham yang Anda sediakan, dan miningpool membayar hadiah biaya transaksi.

PPLNS mungkin sedikit lebih membingungkan—ketika sebuah blok “ditemukan,” perangkat lunak miningpool menemukan blok terakhir yang Anda sumbangkan setelah blok yang menang terakhir dan baru ditemukan.

Jumlah blok uji (atau saham) yang Anda sumbangkan antara waktu itu menentukan pembayaran Anda. Ini biasanya berarti Anda perlu tetap terhubung ke miningpool sampai blok ditemukan.

Jika Anda terputus antara blok, Anda kemungkinan akan kehilangan sumbangan dan pembayaran Anda.

Manfaat miningpool

Meskipun keberhasilan dalam penambangan individu memberikan kepemilikan penuh atas hadiah, peluang mencapai kesuksesan sangat rendah karena persyaratan daya dan sumber daya yang tinggi.

Penambangan seringkali bukan usaha yang menguntungkan jika Anda solo.

Banyak kriptokurensi telah menjadi semakin sulit untuk ditambang dan persaingan untuk kriptokurensi yang dapat ditambang telah meningkat secara besar-besaran.

Miningpool memberikan semua orang kesempatan yang adil melawan (atau bekerja dengan) mereka yang telah membangun pertanian penambangan ultra-mahal yang luas.

Miningpool juga membutuhkan lebih sedikit kontribusi dari setiap peserta dalam hal biaya perangkat keras dan listrik, sehingga meningkatkan peluang untuk membayar segala biaya terkait dan mendapatkan keuntungan.

Kerugian miningpool

Dengan berpartisipasi dalam miningpool , individu menyerahkan sebagian dari otonomi mereka dalam proses penambangan.

Mereka biasanya terikat oleh syarat yang ditetapkan oleh miningpool itu sendiri, yang mungkin menentukan bagaimana proses penambangan dihadapi.

Mereka juga diharuskan membagi potensi hadiah, yang berarti bahwa bagian dari pendapatan lebih rendah untuk individu yang berpartisipasi dalam miningpool .

DISCLAIMER

Tidak ada anjuran atau rekomendasi membeli atau menjual aset investasi apapun dalam setiap artikel yang sudah ditulis.