Besar Uang Untuk Pumping Harga Bitcoin

Table of Contents

Melansir dari coinmarketcap :

Bitcoin sering mendapat sorotan negatif, namun laporan baru yang dilakukan oleh tim Global Research Bank of America berjudul “Bitcoin’s Dirty Little Secrets” menunjukkan bahwa tidak semua bank bersedia mengikuti tren crypto.

Dalam laporan yang dirilis pada hari Rabu, BofA berargumen bahwa kenaikan harga Bitcoin disebabkan oleh investor institusi yang mengalirkan dana ke mata uang digital tersebut.

Menyusul pengumuman tahun ini oleh beberapa bank terbesar di dunia, perusahaan besar, dan pelaku keuangan ternama — yang semuanya mendukung Bitcoin dalam kapasitas tertentu — harga BTC mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $61,683 pada 13 Maret.

Sekitar tanggal yang sama tahun lalu, Bitcoin berada di sekitar angka $6,000. Bank of America mengklaim bahwa dukungan terhadap Bitcoin dari pelaku keuangan utama telah mendorong harga tersebut.

Salah satu fakta mengungkapkan dari laporan tersebut menunjukkan bahwa 95% Bitcoin dipegang oleh 2.4% alamat dengan saldo terbesar. BofA mengatakan:

“Menurut pandangan kami, fakta bahwa persentase kecil dari akun Bitcoin memegang sebagian besar BTC yang beredar membuat instrumen ini tidak praktis sebagai mekanisme pembayaran atau bahkan sebagai kendaraan investasi. Hal ini juga dapat menciptakan masalah sosial dan tata kelola.”

Analis di balik laporan tersebut menemukan bahwa harga masa depan Bitcoin bergantung pada “permintaan yang melampaui pasokan.” Jika lebih banyak investor institusi melakukan pembelian Bitcoin, harga akan terus meningkat karena, tidak seperti dolar AS, pasokan Bitcoin terbatas dan tidak mengalami inflasi.

Dengan pemikiran ini, BofA mengklaim bahwa tambahan $93 juta (Sekitar Rp1.4 trilliun per 1 usd = Rp16000) yang dialirkan ke Bitcoin dapat memicu kenaikan harga(pumping) sebesar 1%. Sebagai perbandingan, untuk mencapai kenaikan harga yang sama pada emas, diperlukan sekitar $1.86 miliar.

DISCLAIMER

Tidak ada anjuran atau rekomendasi membeli atau menjual aset investasi apapun dalam setiap artikel yang sudah ditulis.